Semua artikel dalam blog ini adalah hasil contekan, alias kopas dari blog/web lain. Semuanya tentang Bisnis di Internet.

Photobucket

Label

Blog Archive

hosting gratis

Free Web Hosting with Website Builder

iklan

Istilah Penting dalam dunia PTC

Dalam suatu bidang yang spesifik baik dunia bisnis, pendidikan, agama, olahraga atau apapun, pastinya ada istilah2 yang buat mereka yang tidak berkecimpung di dunia tersebut hanya bisa terbengong2, parahnya saat membaca artikel tentang dunia tersebut jadi terpotong2 karena keterbatasan pengetahuan tentang istilah2 tadi. Disini saya akan coba kompilasi beberapa istilah yang biasa dipakai di dunia PTC, untuk mempermudah mereka yang ingin ikut bergabung atau sekedar memantau dan menambah wawasan. Mungkin banyak yang belum tersebutkan, karena saya pun juga masih dalam tahap belajar. Tapi tidak apa, seiiring dengan waktu akan saya up-date terus.

  • PTC/PPC

mudah saja, ini singkatan dalam bahasa Inggris, yaitu Paid to Click atau Paid per Click. Arti harfiahnya, dibayar untuk meng-klik. Maksudnya, suatu sistem dimana kita yang sudah mendaftar sebagai member akan mendapatkan komisi untuk setiap link iklan yang kita klik di suatu PTC site.

  • Referral

dalam pengertian harfiahnya adalah orang yang direferensikan, yaitu orang yang mendaftar pada suatu PTC site dengan memakai nama kita sebagai referrer-nya (orang yang mereferensikan). Mungkin bisa dipahami bentuknya seperti upline/downline dalam dunia MLM, hanya saja pada PTC biasanya bonus yang kita dapat terbatas hanya pada satu baris horizontal referral langsung dibawah kita, tidak bercabang2 seperti MLM dan sejenisnya.

  • Payout

yaitu suatu aksi untuk menarik uang komisi (balance account) kita yang sudah terkumpul jika sudah mencapai nominal tertentu yang disyaratkan untuk bisa ditarik, misalnya di Neobux kita bisa menarik pertama kali jika sudah mencapai $2, di Crewbux $5, dst.

  • Sustainable/non sustainable PTC

ini salah satu faktor penting buat suatu PTC untuk bisa dianggap aman dan terpercaya. Artinya sustainable sendiri secara garis besar adalah mampu menopang dan mempertahankan diri sendiri. Jadi, maksud dari sustainable PTC adalah PTC site yang kelihatannya mampu untuk mempertahankan bisnis dan keuangannya dalam jangka waktu lama, dan non sustainable adalah sebaliknya. Sehingga pada akhirnya kita bisa merasa aman untuk berinvestasi disana. salah satu cara untuk memperkirakan suatu PTC site cukup sustainable atau tidak pernah saya singgung di salah satu postingan disini.

  • Banned

artinya diberi sangsi pelarangan akibat pelanggaran. Setiap PTC site punya aturan tersendiri yang biasanya tercantum di TOS (term of service), disebutkan dalam FAQ (frequently ask questions), atau ditambahkan sebagai update yang biasanya diumumkan pada forum mereka. Pelanggaran yang berat biasanya akan diberi sangsi penghapusan keanggotaan dan tidak bisa menarik komisi kita sampai kepada hukuman berupa identitas dan IP address kita masuk dalam daftar hitam dan tidak bisa dipakai lagi untuk mendaftar ulang di site tersebut atau di site2 lain.

  • Scam

maksudnya adalah menipu atau merugikan dengan kebohongan2. Ada dua kemungkinan, pertama, PTC site sebagai pelaku scamming yaitu menipu para membernya dengan tidak membayar, melarikan diri dan menutup site-nya tanpa kejelasan, memberikan iming2 yang hanya janji tapi kemudian menjebak, membuat peraturan2 yang merugikan membernya dsb. Kedua, member PTC yang melakukan scamming misalnya dengan melakukan kecurangan pelanggaran TOS, menarik kembali pembayaran transaksi melalui payment processor (lihat bahasan saya tentang ini) meskipun transaksi berhasil, memberi iming2 pada referral berupa bonus klik tapi tidak membayar, menipu dengan transaksi tukar-menukar dana di payment prosessor dengan member lain, sampai meng-hack account member lainnya atau meng-hack PTC site tersebut.

  • Ponzi Scheme

merupakan metode bisnis yang tidak sehat karena pebisnis perlu terus menerus menopang bisnisnya dengan membayar keuntungan untuk investor dari dana yang didapat bukan dari keuntungan bisnis melainkan dari dana yang diinvestasikan oleh investor lainnya (macam gali lubang tutup lubang), yang diambil dari nama Charles Ponzi, orang Italy yang mempopulerkan metode tersebut. Biasanya ciri2 dari PTC site yang kemungkinan menganut ponzi scheme ini adalah menjanjikan keuntungan yang besar diatas batas normal, yang akan menarik minat member baru (untuk digunakan sebagai pembayaran keuntungan member yang menarik dananya) dan membuat member lama tergiur keuntungan lebih besar sehingga tidak menarik dananya (juga agar dana ini dapat diputar kembali untuk membayar member yang menarik danannya).

  • Bonus Click

yaitu bonus yang ditawarkan oleh seorang referrer kepada orang yang mau bergabung sebagai referralnya, diluar dari komisi yang akan didapat dari setiap klik yang diberikan PTC site. Biasanya sang referrer sudah merupakan premium membership sehingga sanggup memberikan kelebihan bonus. Misalnya, dari site Take The Globe kita mendapat $0,005 setiap kliknya dan jika sang referrer memberikan bonus 50%, artinya 50% X $0,005 untuk setiap klik, yang biasanya akan dikirimkan ke kita setelah melakukan klik sebanyak beberapa kali, tergantung permintaan.

  • Cheat Link

beberapa PTC site menyelipkan link iklan palsu untuk menjebak membernya yang tidak jujur dan tidak mengklik iklan secara manual tetapi menggunakan autoclicker atau bot. Tapi jika kita terbiasa meng-klik secara manual kita akan mengenali dan melihat perbedaan cheat link dengan link yang benar2 harus kita klik. Baca tulisan pada link2 yang akan kita klik, jangan klik link yang bertuliskan ” your account will be deleted….” atau “if you are human do not click…” atau ” click this and you balance will be reset….” dan sejenisnya. Biasanya cheat link juga diberi highlight sehingga memudahkan untuk dikenali dan dihindari.

  • Referral Exchange

salah satu tekhnik untuk mendapatkan paling tidak satu orang referral dibawah kita adalah dengan exchange, yaitu kita bersedia bergabung sebagai referral orang lain di salah satu site yang belum kita ikuti dengan syarat orang tersebut juga bergabung sebagai referral kita pada site yang kita kehendaki.

0 komentar:

SIMPLE WHITE: DOWNLOAD THIS TEMPLATE FROM:template.azimat.net